Wednesday, March 7, 2012

Banjir.. Banjir... BKT (Banjir Kanal Timur)

Diposkan oleh ema di 9:16 AM

Setiap awal tahun di musim hujan pasti setiap masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir sudah was-was dan siap siaga, begitupun Pemerintah, terutama di Jakarta. Waktu itu tepatnya hari minggu Ibu dan saya ingin pergi ke Jatinegara pas kami jalan dan melewati daerah Kebun Pala banyak sekali mobil pemadam dan tenda-tenda penampungan, Kami pikir tadinya terjadi kebakaran ternyata itu salah satu upaya pemrintah DKI waspada banjir. wah wah bagus juga yaa Sigap juga pemerintah DKI.

Dan tidak hanya itu saja upaya Pemerintah tentang bencana banjir, pembanguna Banjir Kanal Timur atau lebih terkenalnya BKT yang merupakan kanal terpanjang di jakarta *kalo menurut saya sih hehe* yang melintasi 13 kelurahan, 1 kelurahan di Jakarta Utara dan 13 di Jakarta Timur. 
Sebenarnya BKT itu udah gak asing banget untuk saya karena saya tinggal di daerah Jakarta Timur (Cipinang Bali) setiap pulang atau pergi saya pun sering melewati BKT dan ada teman saya terkena gusuran untuk pembangunan kanal tersebut. Sepengelihatan saya dan apa yang saya rasakan juga BKT itu cukup bermanfaat loh. Buktinya di Cipinang Indah tempat yang biasanya hampir tiap tahun banjir toh sekarang malah enggak ya walaupun terkadang masih banjir itu pun Jalananya aja sedengkul atau semata kaki dan sepertinya itu juga karena ulah manusia di solokan atau got-got banyak sampah.

Tidak cuma itu aja BKT juga menjadi sarana Penghasil bagi masyarakat sekitar. Waktu itu saya pernah lihat setiap minggu atau kapan ada sarana bermain flying fox nyebrangi lebar kanal tersebut. Ett jangan salah lho BKT emang dalem tapi airnya sedikit. Di daerah itu pun khususnya Cipinag Indah (Jalan Baru) yang saya tahu sering banget di jadiin pasar Malam. Oh iya banyak juga lo perusahan rumah-rumah yang membuat rumah baru, ada juga yang mebangun ruko, sokalah, tempat les bahkan mall di daerah Cipinang Indah (merupakan kawasan perumahan atau komplek) , mungkin mereka sudah tidak takut karena sudah dibuat BKT untuk menanggulangi banjir yang setiap tahun tiba. 

Bukannya itu saling menguntukan tidak hanya penampung banjir tapi juga saran penghasilan bagi masyarakat. hehe Tapi sangat di sayangkan sepandangan saya walaupun BKT airnya sedikit tapi hitam dam cukup banyak sampah :(

0 komentar:

Post a Comment

 

Task Me !! Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review